Monday, May 21, 2012

Ponsel Kamera Pertama di Dunia


Coba tebak, Siapa produsen yang pertama kali mengeluarkan ponsel berkamera di dunia? Nokia? Sony Ericsson? Samsung? Ternyata bukan lho. Adalah Sharp dengan ponsel tipe J-SH04-nya, tercatat sebagai vendor yang mula-mula menyelipkan fitur kamera ponsel pada 1 November 2000 yang diproduksi di jepang. Nah, dari sinilah kemudian J-SH04 menjadi inspirasi bagi vendor ponsel lain untuk membuat ponsel dengan fitur serupa.

Sedangkan bicara tentang asal usul dari ide pembuatan ponsel berkameranya sendiri, tercatat pada tahun 1993, Daniel A. Henderson menjadi orang pertama yang berhasil membuat prototipe ponsel berkamera pertama di dunia yang saat ini tersimpan di the Smithsonian National Museum of American History. Prototipe ponsel berkamera ini ternyata sudah memiliki kemampuan mengambil gambar foto dan video juga lho, namun belum bisa dibuat untuk mengirim gambar dari foto yang diambil. Sehingga, bisa dibilang perangkat itu merupakan kamera yang terpasang di ponsel.

Baru pada 11 Juni 1997, seorang pengembang bernama Philippe Khan berhasil mengintegrasikan kamera dengan sebuah ponsel, yang kemudian disinkronisasikan menggunakan software buatannya, yang bernama ShaMail atau PictureMail. Sehingga alat buatan khan tersebut bisa digunakan untuk share gambar dengan ponsel lain.   

Adapun ide yang mendasari Khan untuk membuat ponsel berkameranya tersebut sebenarnya terbilang unik. Kala itu, istrinya yang sedang hamil menantang dirinya untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk share mengenai gambar kelahiran bayi mereka. Khan kemudian menjawab tantangan dari istrinya itu dengan membuat alat tersebut.

Sukses dengan software ciptaannya tersebut, Khan lalu mendirikan Lightsurf. Ini dilakukan agar PictureMail bisa dikenal publik. Khan tidak sadar kalau saat itu ada dua perusahaan sedang berlomba mengembangkan ponsel berkamera pertama untuk dikomersialkan.

Kedua perusahaan itu adalah raksasa teknologi asal Jepang, Sharp dan Kyocera. Saat itu Kyocera sedang dalam misinya untuk membuat desain sistem video sharing. Sedangkan Sharp lebih fokus untuk menjadikan produknya agar bisa digunakan untuk share gambar secara instant.

Alhasil Sharp-lah yang kemudian menang persaingan dalam mendapatkan pairing teknologi mereka dengan software PictureMail yang dikembangkan Khan. Hasil kolaborasi tersebut kemudian diaplikasikan pada ponsel berkamera pertama mereka, yaitu J-SHO4 atau J-Phone.

Adapun spesifikasi kamera yang digunakan di J-Phone adalah 110.000 pixel CMOS dengan 256 display warna. Ponsel itu memiliki berat 74 gram, dengan dimensi 127x39x17 mm.
Judul: Ponsel Kamera Pertama di Dunia; Ditulis oleh Mr.L; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment